Halo !!! Saya Kang Ismet, ini adalah blog tentang AMP HTML dan cara penerapannya

Pengertian Bounce Rate

Pasti banyak para blogger yg gak tau apa itu Bounce Rate terutama blogger pemula, oleh karena itu di sini saya akan membahas tentang pengertian Bounce rate.
Pengertian Bounce Rate ini saya dapatkan di blog tetangga,yg pada waktu itu saya lagi iseng iseng baca eh nemu.
Kagak Saya sia-sia in langsung ajah saya postingkan di blog saya.

Jika Sobat Penasaran Apa Itu Bounce Rate..Mari Kita simak Ulasan berikut...!!
Bounce Rate adalah suatu nilai dalam persentase yaitu jumlah pengunjung yang langsung meninggalkan blog / website anda setelah membuka sebuah halaman. 
Darimana kita bisa tahu angka Bounce Rate tersebut? Kita bisa tahu Bounce Rate blog kita dari tools statistik, contohnya Google Analytics.

Jika anda menggunakan Google Analytics maka disana anda akan mendapatkan laporan Bounce Rate anda. Nilainya biasanya berkisar dari 0% hingga 100%. Semakin kecil nilai Bounce Rate berarti semakin bagus karena berarti semakin sedikit pengunjung yang langsung kabur setelah membaca / membuka sebuah halaman di blog anda. Banyak orang (termasuk saya) yang awalnya belum tahu apa itu Bounce Rate salah kaprah dan mengira Bounce Rate yang tinggi itu bagus, padahal sebaliknya.

Ada beberapa kejadian yaitu pengunjung langsung meninggalkan blog anda setelah membuka satu halaman saja, dalam hal ini yang menjadi penyebab mengapa Bounce Rate meningkat, diantaranya :
  1. Pengunjung menekan tombol Back pada browser
  2. Pengunjung langsung menutup browser
  3. Pengunjung membuka halaman lain dengan mengganti URL
  4. Pengunjung mengklik salah satu link di halaman blog anda
Lalu bagaimana menghitung Bounce Rate? Logikanya begini, karena Bounce Rate ditampilkan dalam bentuk persentase maka Bounce Rate adalah jumlah pengunjung yang langsung meninggalkan halaman blog dibagi jumlah total pengunjung lalu dikalikan 100%.

Dan kemudian yang menjadi pertanyaan adalah apa penyebab pengunjung langsung meninggalkan blog kita setelah membuka satu halaman? Jawabannya tentu ada banyak sekali dan relatif, misalnya : konten dan tampilan yang kurang menarik, loading yang lambat dan berbagai hal lainnya. Selanjutnya, bagaimana cara mengurangi Bounce Rate? Pertanyaan ini menurut saya sama saja dengan pertanyaan bagaimana cara meningkatkan Page View. Ada banyak cara dan tergantung dari kreasi kita masing-masing.

Tetapi jika Bounce Rate tinggi, bukan berarti isi atau blog kita tidak menarik. Menurut saya pribadi, Bounce Rate yang semakin tinggi juga disebabkan oleh pengunjung yang berlangganan konten blog kita. Karena logikanya jika seseorang berlangganan dari blog kita maka dia akan mendapat notifikasi ketika ada tulisan baru di blog kita. Ketika dia memutuskan untuk berkunjung, maka kemungkinan besar dia hanya akan membuka  / membaca tulisan itu saja lalu pergi. Nah ini berarti juga menambah Bounce Rate.

Itulah yang dapat saya tuliskan tentang apa itu Bounce Rate. Jika ada kesalahan atau ada yang kurang, dengan senang hati saya persilahkan untuk form komentar dibawah ini.

6 komentar:

  1. kurang mengerti kk maklum newbie habis login gimana terus kk

    BalasHapus
  2. nice post kk ,, coment back yah klo punya waktu SALKOMSEL (SALAM KOMPAK SELALU )

    BalasHapus
  3. Artikel nya bagus om tapi masih ga ngerti hehe

    BalasHapus
  4. menarik sekali boss, bounce rate blog saya 2.2 , tatapi akhir akhir ini turun jadi 1.3 bagaimana mendongkrak lagi yah, otomatis page views turun. jika page views turun nilai ctr juga turun. terimakasih tipsnya.

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  6. Masih newbie, jadi gak terlalu paham begituan..

    BalasHapus