Halo !!! Saya Kang Ismet, ini adalah blog tentang AMP HTML dan cara penerapannya

Cara Merampingkan Ranking Alexa


  • Posting rutin (update) konten bermanfaat. Melakukan publikasi rutin sebuah posting, katakanlah seminggu sekali atau  tiga hari sekali adalah cara tercepat, pula natural untuk Merampingkan Alexa Rank. Semakin rajin melakukan update, Alexa Rank niscaya akan turun dengan sendirinya. Untuk sebuah situs belanja online, tidak ada salahnya menyajikan posting beragam tentang tips belanja, tips keuangan, tips tempat-tempat belanja, tips pariwisata dan sebagainya. Atau posting lainnya yang masih setema dengan situs yang dikelola. Dalam pandangan saya, selama ini para pengelola situs belanja online tanah air masih berpikir inward looking (memandang ke dalam), dan kurang outward looking (memandang ke luar). Maksudnya, hanya terfokus bagaimana barang atau jasa yang dijajakan di situsnya laku belaka. Padahal tidak sesederhana itu. Musti memiliki nilai lebih yang lain ketimbang yang lain. Kalau inward looking, kita pada dasarnya memperlakukan pembeli selayaknya benda atau jasa yang dibelinya. Nilai lebih itu antara lain menyajikan suatu konten bermanfaat bagi seorang pengunjung. Membeli produk adalah nomor dua. Nomor satu adalah beri dia kenyamanan dan nilai manfaat dengan cara ia mendapatkan sesuatu dari posting rutin yang diterbitkan.
  • Mendaftarkan diri atau registrasi di situs  http://www.alexa.com. Setelah terdaftar, dilanjutkan menyematkan widget Alexa milik sendiri di sidebar atau halaman situs. Alexa juga menawarkan agar kita menginstal Toolbar Alexa untuk browser yang kita gunakan. Klik halaman toolbar di situs Alexa di atas. Ikuti saja petunjuk-petunjuk cara penginstalannya hingga purna. Logika sedehana, dengan memasang widget dan toolbar milik Alexa, maka blog atau website kita akan dipantau terus-menerus olehnya.
  • Membubuhkan komen di blog atau website lain. Setiap hari, sebagai seorang admin blog atau website, niscaya kita melanglang buana maya dengan mengunjungi blog atau website lainnya. Tidak ada salahnya kita berkomentar sepatah duapatah kata atas posting yang kita baca. Hindari penggunaan komentar one liner seperti: makasih, thank, good dan sebagainya. Dengan membubuhkan komentar, di samping memperbanyak backlink, juga mengundang admin dan pengunjung blog atau website bersangkutan untuk penasaran melihat blog atau website kita. Karenanya, komentar one liner seyogyanya dihindari. Disarankan membuat komentar untuk menyanggah atau melengkapi posting dengan argumentasi kuat. Pengalaman saya sendiri, komentar semacam terakhir tidak diduga membuat pengunjung blog atau website tersebut tergelitik mencari tahu tentang apa dan siapa pemberi komentar dimaksud.
  • Menulis review tentang blog atau website. Pertama, menulis di halaman review blog atau website kita di situs Alexa. Tidak ada salahnya kita membujuk dan merayu teman, kenalan atau siapapun agar berkenan menuliskan review tentang hal ikhwal blog atau website bersangkutan. Semakin banyak orang menulis review di situs tersebut sembari memberi rating bintang 4 atau 5, maka cenderung menurunkan Alexa Rank. Kedua, membuat review blog atau website kita sendiri di situs-situs keroyokan di mana kita terdaftar, forum, dan blog atau website lain yang kita miliki. Hal ini memang jarang dilakukan admin blog atau website. Jika bukan kita sendiri yang melakukan, tidak ada salahnya meminta orang lain yang dikenal agar membuat review blog atau website kita.
  • Tampil di Halaman Satu Google Pagerank. Sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui. Begitu pula bergandengan tangan dengan rutin update, tanpa kita sadari jumlah posting yang dimiliki semakin hari bertambah banyak. Dari sekian posting yang dimiliki, pastilah ada beberapa yang tampil di halaman satu hasil pencarian kata kunci tertentu di mesin pencari Google. Bila banyak pengguna internet mengunjungi blog atau website kita berdasarkan rekomendasi mesin pencari, maka lalu lintasnya cukup ramai. Berkorelasi dengan penurunan Alexa Rank. Lantaran, sesungguhnya indikator Alexa Rank itu dimaksudkan untuk mengetahui ramai tidaknya pengunjung blog atau website bersangkutan.




2 komentar:

  1. koreksi judul sob, kalo judul postingnya gitu kagak ada yang nyari, lebih baik "cara merampingkan ranking alexa"
    saran ajah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheheh gak apa sob, tetap semangat... nasehat diterima dengan baik,, kita sesama blogger saling dukung

      Hapus