Halo !!! Saya Kang Ismet, ini adalah blog tentang AMP HTML dan cara penerapannya

Belajar SEO Blogspot




Belajar SEO
Rangking Website adalah posisi penampilan website Anda di hasil search engine. Sebuah hasil pencarian yang ditampilkan oleh search engine disebut sebagai SERP (Search Engine Result Page). Nah, tujuan dari Anda melakukan atau belajar seo adalah untuk menempatkan website Anda pada posisi hasil SERP pada keyword yang Anda inginkan. Istilah keyword ini adalah sama dengan kata pencarian. Setiap Anda memasukkan kata pencarian di kotak google, maka kata-kata tersebut disebut dengan keyword. Baik kata pencarian yang dimasukkan hanya satu kata atau maupun berupa rangkaian kalimat.
Google dalam melakukan proses rangking website di hasil SERP nya tentunya tidak dilakukan dengan manual, tetapi menggunakan sofware dengan algoritma (rumus) tertentu, yang merupakan rahasia google untuk menentukan website mana yang lebih relevan dan akan ditampilkan pada posisi lebih dulu dihasil pencarian.
Dan kita sebagai pemilik website, yang ingin agar websitenya ditampilkan di hasil search, tentunya harus memperhatikan faktor-faktor apa saja pada umumnya yang memberikan pengaruh signifikan terhadap sebuah rangking. Karena bukan hanya dengan Anda membuat website, lalu mengisinya dengan konten yang bagus dan yang banyak, akan membuat website Anda tampil dihalaman utama google begitu orang mencari kata pencarian Anda. Tanpa Anda memperhatikan atau mengaplikasikan SEO, website Anda tidak akan muncul dimanapun atau muncul dihasil pencarian halaman kesekian…. yang tentunya tidak ada orang yang melihat dan mengklik website Anda.
Jarang sekali orang membuka halaman pencarian lebih dari 3 halaman, maka dari itu, target utama Anda tentunya harus muncul dihalaman pertama, dan minimal dihalaman kedua.




Google seperti search engine lainnya menggunakan software dengan algoritma (rumus) tertentu, yang akan otomatis untuk membaca, menganalisa, membandingkan dan mengurutkan halaman website Anda. Dan hasilnya ditampilkan ke pengguna search engine. Karena yang menganalisa website Anda adalah software, yang bukan manusia, maka hal-hal visual dari website Anda seperti layout, warna, flash, animasi, dan grafik tidak dilihat oleh google. Melainkan text-text diwebsite Andalah yang dilihatnya.
Nah, bila Anda mau memulai belajar SEO, Anda bisa mulai dari materi di website ini, yang akan membekali Anda untuk melakukan SEO terhadap website Anda.

Search Engine Optimization
Apa itu SEOSearch Engine Optimization atau yang lebih dikenal dengan singkatan SEO merupakan kegiatan yang dilakukan oleh webmaster / pemilik website untuk meningkatkan posisi websitenya pada hasil pencarian di search engine / mesin pencari, hal ini dilakukan dalam rangka untuk menjaring atau mendapatkan pengunjung dari mesin pencari seperti google, yahoo, bing, dan dari search engine lainnya.
Mengapa mereka melakukan SEO – Search Engine Optimization?
Tidak lain dan tidak bukan karena bila webmaster / pemilik website berhasil mendapatkan posisi atas dihalaman pertama dari hasil pencarian yang sesuai dengan kata pencarian / keyword yang dibidiknya, maka ia akan mendapatkan pengunjung langsung dari search engine / mesin pencari yang merupakan targeted visitor, potensial buyer atau potensial reader untuk websitenya.
Disebut potensial buyer atau reader, dikarenakan pengunjung tersebut sedang mencari informasi pada search engine / mesin pencari dan kemudian ditampilkan oleh mesin pencari tersebut daftar website yang dianggap paling sesuai menurut algoritma search engine tersebut, dan pengunjung tersebut akan membuka website-website tersebut yang salah satunya adalah website Anda. Dan bila memang informasi yang ditampilkan di website Anda sesuai, maka Anda bisa mendapatkan keuntungan dari sales atau klik iklan dari pengunjung tersebut. Hal ini tergantung dari apa yang ditampilkan di website Anda.
Apakah Anda menawarkan produk yang berhubungan dengan informasi yang dicari pengunjung tersebut…
Apakah Anda menawarkan jasa seputar informasi yang dicari pengunjung tersebut…
Atau Anda menampilkan informasi atau artikel disertai banner atau text iklan PPC – pay per click yang menampilkan iklan seputar informasi yang dicari oleh pengunjung tersebut…
Dengan keadaan seperti ini maka sales akan bisa terjadi untuk produk dan jasa yang Anda tawarkan dan juga iklan ppc yang ditampilkan akan lebih banyak diklik oleh pengunjung website Anda, karena pengunjung tersebut memang sedang mencari informasi dan memerlukan solusi, yang mana solusi tersebut bisa ditawarkan oleh produk dan jasa Anda atau melalui pihak ketiga lain yang ditampilkan iklannya di website Anda.
Maka dari itu, bila Anda menjalankan bisnis di internet, bisnis apapun itu, sangat disarankan Anda untuk belajar seo dan menerapkan prinsip-prinsip SEO – Search Engine Optimization, agar website Anda ditampilkan posisinya dengan baik oleh search engine di keyword atau kata pencarian yang tepat yang sesuai dengan bisnis Anda. Dengan cara ini maka website Anda bisa mencari calon pembeli sendiri dan menghasilkan uang, tanpa Anda perlu berpromosi yang lain seperti menyewa tempat pemasangan banner iklan di website lain, mengiklankan website Anda melalui iklan ppc dan juga promosi lainnya.
Bila website Anda sudah terindex di posisi dan keyword yang tepat maka Anda tinggal menunggu sales. Sales ini akan ditentukan oleh hot atau tidaknya market Anda, apakah produk Anda merupakan produk kebutuhan atau hanya produk pelengkap, apakah produk Anda memberikan solusi yang dicari pengunjung tersebut dan juga tergantung harga yang ditawarkan oleh Anda masuk budget pengunjung Anda atau tidak.
Kesimpulannya, SEO atau Search Engine Optimization merupakan suatu hal yang penting saat ini, yang akan menunjang kesuksesan website Anda di Internet. SEO merupakan salah satu metode pemasaran yang penting.
Apakah belajar SEO itu mudah atau sulit?
Belajar SEO tidak sulit tapi juga tidak terlalu mudah, yang perlu dilakukan adalah menerapkan prinsip-prinsip dasar dalam optimasi website dari sisi internal dan eksternal. Dan bila konsisten dilakukan, posisi website pun akan Anda capai dan website Anda akan bisa mencari pembeli sendiri dan menghasilkan uang.
Pengertian dan Mempelajari SEO ( Search Engine Optimization )
SEO (Search Engine Optimization) atau optimisasi mesin pencari merupakan serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis dan otomatis agar web/blog yang anda buat berada pada posisi teratas pada situs mesin pencari (Google, Yahoo, MSN, dll) yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah dan kualitas traffic dari mesin pencari menuju alamat situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja alami algoritma mesin pencari tersebut.
Tujuan spesifik SEO adalah menempatkan suatu alamat situs web pada posisi teratas (atau setidaknya pada halaman pertama) hasil pencarian berdasarkan subyek tertentu. Secara logis, alamat situs yang menempati posisi teratas hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.
Kunci sukses sebuah web/blog salah satunya adalah traffic atau banyaknya pengunjung yang memngunjungi web/blog. Blog akan dikatakan sukses jika mampu mendatangkan pengunjung sebanyak-banyaknya. Traffic yang tinggi adalah tanda bahwa blog tersebut digemari oleh pengunjung setianya. Kebanyakan pengunjung akan memilih website yang berada pada posisi atas. Salah satu cara yang efektif untuk mendatangkan pengunjung dengan search engine dengan memasukkan kata kunci atau keyword tertentu dalam mesin pencari tersebut.
Ada beberapa cara umum yang dapat dilakukan untuk mendapatkan posisi paling bagus di Search Engine, antara lain :
1. Konten/isi
Sebgian besar orang dalam mengisi suatu website apapun informasi yang didapt lebih banyak dengan Copy Paste. Sebagai contoh anda ingin mengisi website mengenai informasi kesehatan, dapat dipastikan ada 100 atau bahkan lebih website dengan judul yang sama dari bentuk penulisan, bahasa penulisan dengan copy paste. Sistem Search Engine hanya akan memilih salah satu website dengan bentuk, bahasa, dan gaya penulisan yang lebih menarik dan unik. Jadi buatlah website dengan bahasa anda sendiri semenarik mungkin agar mendatangkan pengunjung lebih banyak lagi.
2. Pemilihan keyword yang mau di optimasi
pastikan kita memilih keyword yang memiliki persaingan sedang dan kecil, jangan coba-coba bersaing dengan keyword besar ( misal keyword cellphone ) kecuali kalo kamu punya dana besar. Berikut tempat untuk membuat riset keyword :
Free Wordtracker, Keyword Suggestion Tool, SEOBook Keyword Tool
3. Gunakan Title dan Meta yang pas
Pastikan titlle di page website kamu sesuai dengan target keyword yang anda tuju, atau setidaknya setiap page memiliki titlle yang unik / sama dengan judul page sertakan juga Meta keyword , Description dipasang
4. Link building
Selain konten / isi yang menarik , Link Building yang baik dan benar juga merupakan faktor penting agar website berada diposisi atas dan menarik pengunjung lebih banyak lagi. Berikut ada trik agarwebsite yang anda buat atau yang anda miliki ada di website orang lain :
- Submit ke direktori
- Link exchange
- Buat artikel , submit artikel ( dalam artikel ada link website kita) : ezinearticles.com , etc.
- Submit comment – comment , signature forum dll.
- Buat themes, template , sertakan link url anda di footer .
Jadi SEO ( search Engine Optimization ) harus dimiliki oleh para pemilk web / blog agar para pengunjung atau para pengguna internet dapat dengan mudah mencari informasi yang dibutuhkan, buatlah sebagus dan semenarik mungkin agar web / blog yang anda buat terindex atau dikenali oleh seluruh pengguna internet di seluruh dunia.

1 komentar: